Sifat-Sifat Masyarakat Islam


Sesungguhnya kita dapat membayangkan Bagaimana sistem sosial menurut Islam itu. Ciri-ciri terpenting dari sistem sosial Islam adalah:

1. Kedamaian batin yang ditimbulkan oleh iman kepada Allah
2. Kesalehan
3. Melakukan kebijakan
4. Persaudaraan
5. Kerjasama
6. Keadilan dan kejujuran
7. Menyerukan kebajikan dan mencegah kejahatan
8. Menjaga amanah
9. Bekerja Giat di dalam hidup ini
10. Menikmati karunia yang dilimpahkan sang pencipta tanpa mubazir dan merusak kesehatan diri sendiri
11. Sikap cinta kepada sesama manusia dan kedermawanan
12. Kesiap sediaan untuk membela identitas Islam

Berikut ini adalah ayat-ayat al-Qur'an yang menerangkan ciri-ciri dari sistem sosial Islam tersebut:

"Orang-orang yang beriman serta merasa tenang di dalam berdzikir kepada Allah; sesungguhnya dzikir kepada Allah menenangkan hati. Sesungguhnya orang-orang yang beriman serta melakukan amal perbuatan yang saleh akan memperoleh kebaikan dan tempat kembali yang baik". (Al-Qur'an, ar-Ra'du, 28-29)

"Orang-orang yang beriman adalah bersaudara..." (Al-Qur'an, al-Hujurat, 40:10)

"Dan di ntara kalian harus ada satu kaum yang menyerukan kebajikan dan mencegah kejahatan. Mereka inilah orang-orang yang akan memperoleh kemenangan". (Al-Qur'an, Ali Imran, 3:104)

"Sesungguhnya Allah menyerukan keadilan, perbuatan yang baik (terhadap orang-orang lain), dan sikap dermawan kepada karib-kerabat..." (Al-Qur'an, an-Nahl, 16:90)

"Sesungguhnya Allah memerintahkan agar kalian mengembalikan kepada pemiliknya apa-apa yang diamanahkan kepada kalian..." (Al-Quran, an-Nisa', 4:58)

"Dan berikanlah kepada karib-kerabatmu, orang-orang yang membutuhkan, dan musafir-musafir hak-hak mereka. Janganlah kalian berbuat mubazir". (Al-Qur'an, al-Isra', 17:26)

Ayat-ayat diatas ini jelas sekali menunjukkan bahwa sebagai sebuah sistem sosial, Islam memadukan spirit dengan materi, dan idealisme dengan realisme. Sistem sosial Islam ini adalah sistem yang praktis serta berdasarkan semangat persaudaraan, keadilan, dan pengorbanan.

Di samping aspek-aspek yang positif ini, Islam juga melindungi kaum Muslimin dari kejatuhan yang bersifat individual dan sosial, dengan menetapkan peraturan-peraturan atau prinsip-prinsip preventif yang mencegah hal-hal serius yang akan merugikan individu dan atau masyarakat. Diantara peraturan-peraturan atau prinsip-prinsip tersebut adalah:

1. Politheisme
2. Anti-agama dan berkembangnya kejahatan dan korupsi
3. Pembunuhan secara agresif
4. Mengambil hak orang lain
5. Bunuh diri
6. Zina
7. Membungakan uang
8. Memberikan kesaksian palsu
9. Memakan binatang-binatang yang telah mati dan daging babi
10. Meminum alkohol dan berjudi

Semua ini dilarang di dalam Islam dan berikut ini adalah beberapa ayat yang menjelaskan:

"Sesungguhnya Allah tidak mengampunkan perbuatan yang mempersekutukan Dia, walaupun Dia mengampuni setiap perbuatan lain yang dilakukan oleh siapa saja yang dikehendaki-Nya..." (Al-Qur'an, an-Nisa', 4:48)

"Wahai manusia-manusia yang beriman! Janganlah kalian memakan harta benda orang lain secara tidak syah kecuali di antara kalian ada perdagangan dan persetujuan dari kedua belah pihak; sesungguhnya Allah kasih kepada kalian". (Al-Quran, an-Nisa', 4:29)

"Dan jangan hampiri zina sesungguhnya zina adalah perbuatan yang tercela dan teramat jahat". (Al-Qur'an, al-Isra', 17:32)

"Wahai manusia-manusia yang beriman! Janganlah kalian memakan riba yang berlipat ganda. Hendaklah kalian takut kepada Allah agar kalian memperoleh kemenangan". (Al-Qur'an, Ali Imran, 3: 130)

"Dia hanya melarang kalian untuk memakan binatang yang telah mati, darah, dan daging babi, dan binatang binatang yang disembelih bukan dengan nama Allah. Tetapi barangsiapa berbuat demikian karena terpaksa sedang ia tidak menghendakinya dan tidak melampaui batas, sesungguhnya ia tidak berdosa; sesungguhnya Allah Naha Pengampun dan Maha Pengasih". (Al-Qur'an, al-Baqarah, 2:173)

"Wahai orang-orang yang beriman! Meminum minuman yang memabukkan, judi, memuja berhala, dan tenung adalah perbuatan keji, pekerjaan syeitan. Oleh karena itu hindarkanlah perbuatan itu agar kalian memperoleh kemenangan". (Al-Qur'an, al-Maidah, 5:90)

Semua ini adalah beberapa aspek dari sistem sosial Islam. Tetapi sebelum meninggalkan masalah ini terlebih dahulu harus kita bahas dasar-dasar perekonomian dan sistem pemerintahan di dalam masyarakat Islam.
Labels: MUSLIM NOTES

Thanks for reading Sifat-Sifat Masyarakat Islam. Please share...!

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

1 Comment for "Sifat-Sifat Masyarakat Islam"

Pembahasannya Bagus gan seharusnya ini dijadikan referensi

Back To Top